Jumat, 01 Juni 2012

Rihlah Tarbiyah SDIT RJ Cilegon

Ini tulisan terlama yang pernah saya buat setelah kegiatan selesai dan mempostingkannya (sekarang 8 Juni), karena riweuh banget saya belakangan ini. di sekolah di kejar dead line nilai kelulusan, di rumah jadi panitia agustusan. setalah lama menjadi draft, saya sempatkan menyelesaikan tulisan ini ( biar tetep update he3x) jadi... begini ceritanya:
Tanggal 24-27 Mei lalu Kami melaksanakan perjalanan yang kami sebut "Rihlah Tarbiyah" ke Yogyakarta. Berangkat dari Cilegon Kamis pk.14.00 (dari pool bis Tali Jaya) dengan menempuh rute jalur selatan (setelah tol Cipularang-Bandung-Tasik-dst).
Dengan 4 armada bis kami menuju Kota Yogyakarta dengan penuh semangat, saking semangatnya.. saya yang berada di bis 2 (putri) sampai harus mengingatkan siswi-siswi untuk tidur karena waktu sudah menunjukkan pk 12 malam. Tentunya bisa ditebak, banyak yang mabuk kendaraan saat itu di bis saya. yah... sekitar 7 anak yang mengeluh pusing & mual, empat diantaranya uueeekkk!!
Karena menggunakan bis sendiri (sewa-red) jadi banyak berhenti, dan itu membuat perjalanan terasa lebih lama dari biasanya kalau saya naik bis malam.
Beristirahat makan malam, solat Maghrib & Isya di Cipacing Ranca Ekek. Kemudian lanjut sampai tiba sholat Subuh di daerah Purworejo, kami pun melaksanakan sholat Subuh di Masjid Agung yang terdapat beduk (bedug) terbesar itu. Sampai di Yogyakarta hari Jum’at pagi, kami sarapan, mandi, istirahat di daerah Pakem Sleman. Sekitar pk.10 kami berangkat menuju Borobudur. Di sana kami menikmati keindahan alam salah satu 7 keajaiban dunia itu sampai pk. 1 siang, lalu dilanjutkan ke wisata kawah Merapi setelah mampir untuk soliskan di tempat kami sarapan tadi. Wisata Merapi ini saya sendiri baru pertama, jadi dipuas-puasin deh disana, naik motor, jeep, foto, dll. Sampai sore kami di merapi, lalu dilanjutkan check in ke hotel do jl. Kaliurang km.27.
Mungkin ada yang ingin melihat foto-foto kami sewaktu di daerah wisata Yogyakarta & sekitarnya? silahkan klik foto - foto ini.
Banyak sebetulnya yang ingin saya ceritakan, banyak serunya, tapi ada juga haru nya.... terutama disaat malam "perpisahan" di tempat kami menginap. Saya sendiri merasa terhanyut dengan suasana malam itu, sampai-sampai harus berhenti dulu berbicara saat saya memimpin acara tersebut.
But, the show must go on!... lho?! Ya, kami harus rela melepas siswa angkatan X ini. Mereka pun harus melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi seperti yang mereka cita-citakan.
Acara yang ditunggu oleh siswa ( juga guru dan Komite tentunya) yaitu hari Sabtu. berangkat (check out) jam 7 kami menuju ke Kaliurang. disana terbagi menjadi 3 kelompok, ada yang menuju menara pandang naik bukit, ada yang ke air terjun ( tapi gada airnya-kemarau), ada juga yang menunggu di pos masuk karena kurang fit atau kecapean.
Dilanjutkan ke toko batik di Jokteng Wetan, kemudian makan siang di daerah jalan Parang Tritis km.4 (sengaja tidak menulis nama toko & rm. makan). setelah soliskan, rombongan menuju Kota Gede melihat kerajina perak disana. (Nah… di acara ini saya berpisah dengan rombongan karena “mampir” dulu ke rumah mertua di Warung Boto Umbuh Harjo & bertemu kembali dengan rombongan di alun-alun utara). Tidak terlalu lama dilanjutkan ke Keraton dan (ini yang paling ditunggu..) wisata belanja, rombongan memburu pernak-pernik khas yogya baik pakaian maupun hiasan dan makanan. Tentu saja Malioboro tujuan utama dalam acara ini, sampai-sampai saya menjadi orang terakhir yang kembali ke bis karena harus menyisir daerah Malioboro supaya tidak ada yang ketinggalan apalagi tersesat! soalnya di target jam 6 sudah masuk bis semua, ini ternyata masih ada yang berkeliaran asik beli oleh-oleh! ( hehehehe… masa iya tersesat di Malioboro, walau masih kelas 6 SD tetep aja semua siswa itu lebih pinter dari saya dulu, apalagi semua pada bawa hp). But, mencegah lebih baik kan… untuk keamanan dan kenyamanan semua.
Perjalanan pulangpun dilanjutkan, dari alun-alun kami menuju Wates, makan malam disana, sholat Magribh & Isya, mandi bagi yang mau.
Berbeda dengan perjalanan berangkat, perjalanan pulang ini lebih sepi, karena semua sudah kecapean, dan alhamdulillah tidak ada yang mabuk kendaraan.
Singkat cerita, kami tiba di Cilegon Minggu siang pukul satu siang. Setelah itu banyak cerita di sekitar kami tentang Rihlah ini. Cerita yang asyik, seru, pasti terkenang…
Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kami semua, sesuai dengan nama acara ini sendiri yaitu Rihlah Tarbiyah. Amin