Rabu, 12 Oktober 2011

Penulisan Raport Link di Excel

Bagi rekan guru  yang sudah menggunakan Komputer dalam penulisan raport, saya mencoba penulisan (pengetikan) dengan program excel. Ternyata sangat praktis, efektif, minimal dari kesalahan ketik. memang pada awalnya sedikit rumit, karena harus membuat satu buah "master raport" yang kemudian di copy (diperbanyak) sejumlah murid. Pada kasus saya 32 siswa.
Secara tidak sengaja saya menemukan cara yang lebih singkat lagi, yaitu file dibagi dua dengan cara men-save as file yang sudah kita copy dan di edit (link) dengan benar (no.1-16). file pertama jumlah raport setengah dari jumlah murid (bila ganjil setengahnya+ 1). Sedangkan file kedua (no.17-32) tinggal melanjutkan dari absen siswa yang belum dibuat sampai siswa terakhir. Keuntungannya adalah selain lebih cepat juga file tidak terlalu berat (kira2 500 KB). Karena pada file ini saya masukkan data legger (data nilai semua pelajaran) jadi satu dengan raport.

Berikut contoh Raport yg di print, yang diberi lingkaran merah adalah data yg nge-link.


dan ini contoh leger yang sudah di "tranpose"

Dalam file ini ada dialog box kecil sebagai petunjuk cara editing (copy - paste).
jangan lupa data nama dan nilai dari atas ke bawah (satu kolom) agar mudah mengecek dan copy link, karena pada penulisan raport, nilai ke arah bawah.
lebih enak sambil praktek, silahkan download disini. (link / file sudah saya ganti dengan yang terbaru, menggunakan "print title" pada kop raport, file lebih jauh ringan )


Selamat mencoba, dan bekerja...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar