Sabtu, 05 November 2011

Penulisan Rekapitulasi Nilai dengan Pembulatan

Dalam excel, pembulatan angka hasil dari rata-rata/ jumlah perkalian dan pembagian dapat menggunakan Formula Excel Untuk Pembulatan, salah satunya yaitu rumus “Round”.
Kegunaan rumus Round pada rekapitulasi nilai salah satunya adalah ketika mengecek nilai akhir siswa, baik LPM atau Raport. Karena di SDIT Raudhatul Jannah khususnya, nilai di cek ulang oleh tim/ koordinator kelas menggunakan kalkulator (manual), dan sering terjadi perbedaan pada jumlah/ hasil akhir. Hal ini disebabkan karena rumus yang digunakan dalam penghitungan nilai sering kali menghasilkan bilangan desimal. ada yang dibulatkan keatas, ada yang dibulatkan kebawah. Ketika terjadi perbedaan 3-5 angka pada hasil akhir, maka hal ini dianggap “wajar”.
Sebagai contoh, dalam mencari nilai kelas (NK) yang di dapat dari nilai PR dan PS dan ulangan dibagi 3, hasilnya sebagian besar angka desimal. Belum lagi digabung nilai ulum, dst.
Nah, dengan fungsi Round, ini hal ini dapat dihindari karena hasil akhir dari penghitungan sudah dalam bentuk angka bulat. Berikut contoh pembulatan yang sudah saya buat sebagai contoh.
nilai round
Kolom Y adalah nilai hasil penghitungan yang ternyata apabila dibuat 2 angka di belakang koma akan terlihat seperti diatas. kolom Z adalah tempat yang sudah di beri rumus round " =ROUND(Y9,0)", untuk baris dibawahnya tinggal menarik (drag) rumus pada cell Z9 ini kebawah sehingga meng-copy pada cell Z10 dst}.
Langkah berikutnya adalah mengatur kolom Y agar “terlihat Kosong “ sehingga pada saat di-print kolom “ULUM-NB” terlihat hanya satu kolom tanpa di- “merge”. Yaitu dengan memberi font warna putih dan menghilangkan border antara Kolom X dan Y. Kurang lebih hasilnya seperti dibawah ini (lihat tanda panah merah).
nilai round bagus
Jadi sebenarnya kolom Y-lah yang berisi penghitungan rumus untuk mencari NB yaitu 60% NK + 40% NB. Pada format nilai ini saya buat seolah-olah nilai Raport ada pada kolom Z. Bagaimana? tertarik untuk mencoba dan menggunakan format Rekapitulasi Nilai yang saya buat? silahkan download disini

1 komentar: