Minggu, 21 April 2013

UN oh UN...

Seminggu kemarin setiap stasiun televisi ramai membicarakan carut marutnya pelaksanaan UN tingkat SMU di setiap daerah, beritanya "bersaing" dengan keramaian Adi Binslamet vs Eyang subur (yg ga subur sama sekali badannya) :p, dan ramainya pemberitaan kasus Lapas Cebongan.
Ya, semua membingungkan pemirsa (apa saya aja kali?!), masak pelaksanaan UN bisa ancur-ancuran begitu?!! kasihan sekali melihat para siswa yang sudah stress mempersiapkan diri mereka, ternyata pada pelaksanaannya diundur. Tambah stress deh...!
Walaupun Mendikbud berkali-kali mengucapkan maaf di media dihadapan wartawan televisi, koran,radio/ yang lain. Banyak kecaman yang dilontarkan kepada Mendikbud , bapak M.Nuh. Namun beliau dengan santai, lancar, lugas dst (silahkan tambahkan sendiri..). beliau mengatakan bahwa ini kesalahan pada pihak percetakan, bilau tidak perlu mundur seperti yang diinginkan orang-orang. Malah beliau sempat tampil "lucu?" didepan kamera saat diwawancara wartawan. dengan memperagakan gerakan mundur (melangkah) kemudian maju lagi sambil berkata, "Ini saya sekarang mundur, sekarang saya maju" .... ***lak.
Banyak pihak dan para ahli/ akademisi/ budayawan, DPR dll menyatakan UN tahun ini gagal!!
Besok senin (seharusnya) UN tingkat SMP dilaksanakan, ternyata di berita masih banyak daerah yang belum menerima naskah soal, bahkan ada kepala sekolah yang berebut dengan kepala sekolah lain karena takut tidak kebagian. Padahal pada amplop naskah soal tertulis nama sekolah yang berhak mengambil.
Lalu bagaimana dengan UN SD 6-8 Mei nanti? kami para guru SD sudah mempersiapkan para siswa untuk menghadapi UN ini, mudah-mudahan tidak terkendala dengan persoalan seperti UN SMA. Wajar rasanya kalo rasa pesimis ini timbul. karena ULUM dan Uji coba dari Dinas Pendidikan kemarin pun banyak soal yang bermasalah, mulai dari kesalahan ketik, soal yang tidak jelas, pilihan jawaban yg ganda, dll. Bukan tidak mungkin soal UN akan "bernasib" sama.
Kalau sudah begini, siapa yang salah ya????!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar