Selasa, 13 Maret 2012

Fungsi “Print Titles” pada Excel

Secara Kebetulan fungsi ini saya temukan saat membantu seorang teman saat membuat KKM awal tahun ajaran baru lalu. Print Titles sebetulnya berfungsi untuk mencetak ulang suatu sel/ kolom/ baris yang sudah di beri range pada lebar kerja, yang jumlahnya banyak/ sangat banyak sehingga menghemat waktu dan tenaga kita karena tanpa harus mengetik ulang tulisan yang sudah masuk kedalam range tadi tetap akan tercetak/ print. sebagai contoh lihat gambar berikut saat saya menggunakannya untuk membuat Raport LPM di SDIT RAUDHATUL JANNAH.
Ini adalah gambar halaman pertama/ siswa dng nomor absen 1:
RAPORT3
dan ini halaman kedua/ siswa dengan nomor absen 2 (terlihat tanpa kop raport):
RAPORT4
Terlihat beda, karena tanpa tanpilan kop Raport, namun sesungguhnya pada print preview kita bisa melihat bahwa halaman kedua dan seterusnya (sampai terakhir) mempunyai judul/ kop seperti halaman pertama. lihat gambar dibawah ini.
RAPORT5
bagaimana caranya? pada excel 2007 lebih mudah dibuat. yaitu klik pada menu Page layout-Print Tittles, maka akan keluar dialog box dengan judul page setup. Pilihlah row yang akan di ulang cetak pada menu “Row to repeat at top” maka akan terlihat seperti ini (dalam file ini saya menyorot row 1-5, yang tertulis pada menu page set up-sheet adalah: “$1: $5” ):
RAPORT6
Dengan  fungsi Print Titles ini file menjadi lebih ringan (kapasitas hanya 187 kb). sebelumnya saya membuat raport satu kelas dengan jumlah siswa 34 bisa mencapai 200.000 kb. Kemudian saya siasati dengan membagi dua atau saya pisahkan antara file Raport 34 siswa dengan data nilai (Leger) / menjadi 2 file terpisah, agar ringan tentunya, namun tetap aja ribet kan?
Fungsi ini juga bisa kita pakai bila ingin membuat surat pengumuman hasil uji coba UN misalnya, silabus, KKM atau yang lainnya yang menggunakan excel.
Bila berminat menggunakan raport buatan saya silahkan download disini atau klik pada gambar diatas.
Sedikit, tapi mudah-mudahan bermanfaat.

3 komentar: