Rabu, 01 Februari 2012

TADABUR ALAM SISWA KELAS VI

 
 
Sabtu, 28 Januari 2012 SDIT Raudhatul Jannah dilaksanakan kegiatan edukatif  “Tadabur Alam” di Bukit Pemancar komplek Bukit Palm Cilegon. Kegiatan yang dikomandani ibu Kiki Maulidina, S.Pd. ini diikuti oleh 135 siswa, 44 orang guru beserta staff dan karyawan sekolah. Kegiatan yang di dalamnya merupakan rangkaian kegiatan tamasya sebagai media berkumpul yang dikemas dalam bentuk permainan yang sifatnya mengandung nilai-nilai pembelajaran, menantang dan menyegarkan, terutama sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang Allah berikan kepada kita.
(Kalau ingin melihat foto lebih banyak lagi silahkan klik foto2 dibawah, atau disini lewat album FB saya)
Diawali sambutan dan pelepasan oleh bapak Pamuji, S.Pd. selaku kepala sekolah, dilanjutkan seidikit “foreplay” dari pak Ahmad Denny, S.Sn & Farhan Anugrah (6 E) acara terasa sudah menggembirakan. Untuk sementara para siswa lupa akan UNSD, uji coba UN, dan lain-lain yang selama ini bagi sebagian siswa merupakan suatu hal yang menakutkan.
“kawan-kawan …. saamakan suara!”: “hei simeleketeha, hu ha!… sekali lagi…. hey! simeleketeha, hu ha!”
“mari teman-teman… tepuk toge!” prok-prok-prok- cheng!... hahahahaha… tawa para siswa dan guru-guru, cairlah suasana yang tadinya serius, dan para siswa semakin bersemangat.
Hiking dimulai dengan warming up & stretching (pemanasan & penguluran) yang dipimpin oleh pak Dadan, S.Pd. “Sebelum kita hiking, kita pemanasan dulu. Biar tidak keram dan sakit kakinya, dimulai dari bawah… 1,2,3…”, begitu teriak pak Dadan. 5 menit berlalu, para siswa dan guru pun mulai mendaki ke arah menara pemancar. Dengan jarak ± 2 km perjalanan terasa berat, karena jalan menanjak cukup tinggi. Tidak sedikit siswa dan guru yang beristirahat di jalan karena kelelahan, malahan ada lho yang hampir menyerah minta pulang… namun dengan bujukan dan motivasi dari para guru dan teman-teman akhirnya semua siswa bisa mencapai ke lokasi menara pemancar Telkom.

Di Pos peristirahatan pertama, kegiatan diisi dengan game dari pak Denny. Setelah beristirahat selama ±10 menit, pak Denny meminta siswa berkumpul berkelompok dan melakukan apa yang diperintahkan. Game yang bernama “listen to me” ini ternyata melatih kita untuk mau mendengar, tidak egois, rela berkorban, dan tidak pilih-pilih teman.
Banyak game yang diberikan sebagai tambahan maupun selingan dalam kegiatan tadabur alam, diantaranya “Menara manusia/ Trust fall”, meniup balon sampai meletus, “Kapal pecah” dll. Kegiatan di pos I ini diakhiri dengan pemberian “door prize” kepada Hanifah Kh. (6E) karena berhasil menjawab apa makna dari game yang telah dilakukan. Perjalanan dilanjutkan….
Dari atas bukit bisa dilihat laut dan pegunungan yang ada disekeliling kota Cilegon, “Wah! Mantep banget ini pak,” kata Rio (6 B) begitu melihat kearah laut Bojonegara. Banyak komentar dan kekaguman yang terucap dari para siswa dan guru… “Subhanallah… begitu indah ciptaan Allah ini”. Rasa lelah yang mendera terbayarkan dengan menyaksikan panorama alam yang begitu indah mempesona. Di tempat istirahat ke-2, acara diisi dengan tausiah oleh pak Isneni Huda, S.Ag dan motivasi oleh bu Diana Husna, S.Pd.. Para siswa diberi ilmu tentang mensyukuri nikmat yang Allah berikan, dan motivasi dalam belajar menghadapi UNSD (8 – 10 April nanti-red) maupun uji coba UN yang akan dilaksanakan tanggal 1 – 3 Februari 2012 ini.
Berikut kutipan tausiah dari pak  Huda; “Anak – anak, dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang hari, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi setelah mati (kering) nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh terdapat tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah )bagi kaum yang memikirkan”. (QS. Al Baqarah: 164)
Subhanallah..,maha suci Allah yang pada hari ini setiap diri kita telah melihat, mendengarkan dan merasakan sendiri bukti kebesaran Allah SWT melalui ayat-ayat yang telah difirmankanNya. Maka tiada kata yang paling tepat untuk diungkapkan melainkan puji syukur atas karunia dan anugrah yang luar biasa itu kepada kita, Alhamdulillaah… Ayat ini juga mengajak kita agar selalu memikirkan fenomena alam yang menjadi tanda-tanda kebesaranNya.
Agar kita tidak terjebak hanya mengagumi keindahan alamNya dengan melupakan siapa penciptanya, maka Allah mengingatkan kita agar selalu berdzikir dan mengingatNya. Setiap kali kita menikmati keindahan mahlukNya maka pada saat yang sama ungkapkan pujian kepadaNya. “Wahai Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha suci Engkau maka peliharalah kami dari api neraka” (QS. 3:191)
Dilanjutkan motivasi dari bu Diana yang berpesan agar siswa selalu berusaha dengan giat. “Jika kita semangat dan berjanji pada diri kita sendiri untuk menjadi yang terbaik, maka itu akan terjadi. Selain janji, kita juga harus berusaha dengan cara belajar yang tekun dan disiplin serta harus disertai tanggung jawab. Maka dengan sendirinya akan timbul semangat”, begitu pesan bu Diana.
Pada akhir tausiah dan motivasi dibagikan doorprize kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia, dan mengikuti game dengan benar. Selesai tausiah dan motivasi perjalanan dilanjutkan untuk turun gunung (bukit-red) dengan tujuan komplek Bukit Palm sebagai pos akhir. Di pos ini semua beristirahat sambil santap siang di area bundaran Bukit Palm. Lalu dilanjtukan dengan perjalanan pulang ke kampus tercinta SDIT Raudhatul Jannah. Setelah melaksanakan sholat dzuhur berjamaah kegiatan panitia mengadakan quiz, dan bagi kelompok yang dapat menjawab dengan benar mendapat door prize dari panitia. Hadiah/ doorprize pun diberikan kepada perwakilan masing – masing kelompok, yaitu Farhan Anugrah (6 E), AM. Rifansah (6 D), Aldion Najib(6 E), Hanifah Kh. (6 E), Rifqah (6 A), Hani Dzakia (6 C) karena dapat menjawab pertanyaan dari pak Ismael. Hebat Kaka-kaka kita ini! Padahal pertanyaannya bahasa Arab semua lho…
Acara pun ditutup dengan membaca hamdalah dan do’a kafaratul majlis…
(Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam)
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
(Maha Suci Engkau Ya Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Aku memohon ampunan dan taubat kepada-Mu).”

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua…

2 komentar:

  1. Om mia tadabur apa? Buka Blog kakak geh Om :
    http://forcester.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. tadabur alam ka. ke bukit pemancar KS, dekat perumahan BUkit Palm.
    om dah pernah liat blog kk, bagus... yg ada burung hitam suka mondar-mandir terbang ya? he3x

    BalasHapus