Sabtu, 03 September 2011

NAPAS SEGI TIGA (Seri Kesehatan)

Dalam dunia seni pernapasan, dikenal nama "napas Segi Tiga". Tidak seperti napas refleks pada umumnya, dalam perkumpulan atau banyak aliran Seni Pernapasan, napas segi tiga ini menggunakan "napas perut".

Apa itu napas perut? Apakah oksigen yang kita hirup masuk ke perut? Tentu tidak, napas perut hanya istilah yang digunakan agar mudah diingat. Dalam kedokteran disebut napas Diagfragma.
Napas perut (napas Diagfragma), dilakukan dengan menggerakkan otot-otot perut dan diafragma untuk menghisap udara (inspiarsi) dan menghembuskan udara (ekspirasi).
Lalu bagaimana Cara melakukan napas segi tiga agar bermanfaat bagi kesehatan kita?

Pertama, saat menghembuskan/ mengeluarkan napas, perut kita kempeskan (diagfragma naik). Saat kita menhisap/ menghirup udara, otot perut mengembang (diagfragma turun), sehingga otot paru-paru mengembang kebawah dan terjadilah inspirasi maksimal.

Napas segi tiga (sama sisi), dilakukan dengan napas perut, dengan irama napas segi tiga sama sisi. maksudnya... antara tarikan napas-tahan napas-dan keluar napas, irama sama. Misalnya 5 detik. maka kita menarik napas 5 detik - tahan napas 5 detik - keluarkan napas 5 detik pula.
Ini lah sebabnya kenapa disebut napas segi tiga sama sisi, karena ada tarikan napas - tahan napas - keluar napas dengan irama yang sama.

Lakukan selama 5 - 10 menit, maka hasilnya akan membuat badan kita segar, hangat, penuh energi. olah napas seperti ini sangat dianjurkan bagi penderita asma, tekanan darah tinggi atau rendah, ambeiyen, migren/ vertigo, dll. InsyaAllah manjur.

(Anda bisa sambil melihat jam dinding agar irama napas anda benar-benar pas, dengan cara melihat jarum detik pada jam tersebut.)

Silahkan dicoba, ini ilmu yang saya dapatkan di LEMBAGA SENI PERNAPASAN SATRIA NUSANTARA yang berkantor pusat di Yogyakarta. Sudah di teiliti di UNAIR, FPOK IKIP YOGYAKARTA (UNY),Makasar, dll. hasilnya alhamdulillah... valid & terbukti manjur.

2 komentar:

  1. Wah top markotop.... bagus,mudah-mudahan bisa menampilkan kreasi yang lain, nilai harian juga bagus lho pak biar bisa diakses orang tua.

    BalasHapus
  2. trims...
    nilai harian? insyaAllah akan diusahakan. kl perlu bisa di-download

    BalasHapus