Minggu, 18 Desember 2011

Revisi Penulisan Rekapitulasi Nilai dengan Pembulatan

 

Pada postingan yang lalu saya pernah menuangkan ide tentang penulisan nilai dengan pembulatan menggunakan rumus round. Namun, setelah dicek ulang menggunakan kalkulator secara manual ternyata masih belum sempurna, karena pada penulisan yang lalu angka dibulatkan hanya pada kolom terkahir (Nilai Raport). Pada kolom rata-rata PR,  PS maupun Nilai Kelas (NK) belum ada pembulatan, ternyata hasil akhir (untuk NR) yang didapat bisa berbeda apabila Nilai Kelas di gabung dengan Nilai Ulum menghasilkan angka desimal yang diatas 0,6 atau dibawah 0,4.

Pada postingan kali ini saya berikan format terbaru dari tabel Rekapitulasi nilai, dengan contoh untuk pelajaran Bahasa Inggris. tentu saja nilai-nilai dan nama ini bkn sebenarnya, untuk menghindari privasi yang dilanggar dll.

Berikut contoh (gambar) dari tabel terbaru yang saya buat:

nilai.round-revisi

Pada format nilai kali ini, kolom X, Z, dan AB dibuat “menghilang” dalam tabel. angka mulai kolom W sampai AA dibuat align right agar terlihat seolah-olah center (lihat panah biru).

Sebagai tambahan penjelasan, baik format lama maupun yang sekarang, kolom PB (Perilaku Belajar) sudah link dengan nilai Perilaku Belajar yang ada pd sheet Perilaku, jadi bila nilai perilaku pada lembar tersebut berubah maka nilai PB pd tabel format nilai ikut berubah juga. Apabila nilai ini ingin digunakan untuk laporan tengah semester (seperti LPM) maka tinggal menghapus nilai pada kolom Nilai Ulum, Nilai Raport = Nilai Kelas.

so… lebih praktis bukan? silahkan download bila anda ingin menggunakan format nilai ini dengan klik pada gambar atau disini. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. jempol pak mulya... maksih ya, saya jg mau coba pake ah.

    BalasHapus